Nama : natalia
NPM : 34110917
Kelas : 1DB19
Pengantar Manajemen Umum
Tugas 3
MANAJEMEN
Manajemen yang saya pelajari dan saya ketahui yaitu tentang bagaimana mengatur segala sesuatunya untuk mendapatkan hasil sebaik mungkin dan setiap orang yang melakukan manajemen memiliki tanggungjawabnya masing-masing sesuai dengan posisi manajemen orang tersebut. Dimana manajemen berkaitan erat dengan suatu organisasi.
Dalam sebuah rumah tangga pasti memiliki bagian-bagian manajemen yang ada dalam sebuah keluarga, misalkan seorang ayah sebagai seorang pemimpin yang mengatur segala sesuatu yang ada dalam rumah tangga dan bertugas menghidupi dan memimpin keluarganya, dan seorang ibu sebagai wakil ayah dan yang memegang manajemen keuangan yang bertugas mengatur segala pengeluaran yang ada dalam rumah tangga tersebut.
Dalam suatu organisasi intra sekolah atau yang sering disebut dengan OSIS, juga termasuk dalam organisasi kecil yang memiliki manajemen yang menjalankan organisasi tersebut agar dapat berkembang dengan baik sesuai dengan visi dan misi serta tujuan yang ada dalam organisasi tersebut, yang dimana bagian–bagian yang ada berjalan sesuai dengan aturan yang ada dalam manajemen oranisasi tersebut.
Dua organisai diatas merupakan sebagian kecil contoh dari suatu manajemen, tapi ada banyak lagi manajemen yang ada di kehidupan kita.
Untuk suatu manajemen yang besar atau secara umum orang orang selalu beranggapan apabila telah mendengar kata manajemen pasti tidak jauh dari kata manajemen dari suatu organisai perusahaan.
Berdasar pengetahuan yang telah didapatkan, manajemen dibagi menjadi tiga tingkatan yang menjalankan organisasi suatu manajemen tersebut.
Pertama, Top Manajemen, dimana melakukan pencanaan stategik dan kegiatan yang dilakukan yaitu berupa merumuskan visi, misi dan tujuan serta merumuskan kebijakan dan prosedur umum yang harus dijalankan. Contoh manajemen yang berada dalam posisi ini yaitu : diektur utama, presiden direktur, rector dan lain-lain.
Kedua, Middle Manajemen, dimana melakukan tugas harian tapi tidak selalu rutib, serta kegiatan yang dilakukan berupa merancang, merencanakan atau menentukan produk baru dan menetukan lokasi pabrik atau cabang yang akan didirikan. Karena itu orang –orang terdapat dalam level ini harus memiliki pemikiran yang taktis dan cepat. Contoh manajemen yang ada didalamnya yaitu : diektur, manajer dekan dan lain-lain.
Ketiga, Lower Manajemen, dimana kegiatan yang dilakukan bersifat rutin dan transaksi dilakukan bersifat harian, dan dalam menjalankan tugasnya memanfaatkan fasilitas dan sumber daya yang ada serta memberikan laporan yang lebih detail (rinci) atas hasil pekerjaannya. Contohnya yaitu : supervisor, mandor dan lainnya.
Ketiga bagian atau level yang telah disebutkan diatas tadi menunjukan bahwa suatu manajemen sangat dibutuhkan dalam mengatur segala sesuatu yang ada dalam suatu organisasi dan itu harus terorganisasikan dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar