DoNat

Foto saya
terus tegar.. tetap bertahan.... hahahaaaa.....

Jumat, 07 Januari 2011

Nama  : natalia
NPM   : 34110917
Kelas   : 1DB19

Manajemen Umum

Tugas Pertama



SOAL :

  1. Mengapa kita perlu mempelajari ilmu manajemen, jelaskan ?
Jawab :
            Bersadarkan pengertiannya sendiri dimana majemen itu berarti perencanaan, pengendalian, penggerakkan,  kepemimpinan dan sebagainya yang mengarah pada mengatur sesuatu hal. Karena itu kita perlu mempelajari ilmu manajemen untuk mempermudah kita melakukan perencanaan, pengendalian, kepemimpinan dan sebagainya terutama untuk diri kita sendiri demi mencapai sasaran dan tujuan yang di inginkan.

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan :
    1. Manager
Jawab : Yang dimaksud dengan manager adalah orang atau seseorang yang harus mampu membuat orang-orang atau pengelola atau pemimpin dalam organisasi yang berbagai karakteristik, latar belakang budaya, akan tetapi memiliki ciri yang sesuai dengan tujuan dan teknologi.
Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran.

    1. Wiraswasta
Jawab : terdiri dari 3 kata Wira berarti utama, gagah, luhur, berani, teladan, atau pejuang; swa berarti sendiri atau mandiri; sta berarti berdiri; swasta berarti berdiri ditas kaki sendiri atau dengan kata lain berdiri di atas kemampuan sendiri.
                       
    1. Wirausaha
Jawab : wirausaha mengandung arti secara harfah, wira berarti berani dan usaha berarti daya upaya atau dengan kata lain wirausaha adalah kemampuan atau keberanian yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat dan menilai kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat dan mengambil keuntungan dalam rangka meraih kesuksesan.
                        (http://heruexa.blogspot.com/2009/10/pengertian-wirausaha.html)

    1. Supervisi
Jawab : Secara morfologis Supervisi berasalah dari dua kata bahasa Inggris, yaitu super dan vision. Super berarti diatas dan vision berarti melihat, masih serumpun dengan inspeksi, pemeriksaan dan pengawasan, dan penilikan, dalam arti kegiatan yang dilakukan oleh atasan –orang yang berposisi diatas, pimpinan-- terhadap hal-hal yang ada dibawahnya.
(http://www.canboyz.co.cc/2010/05/pengertian-definisi-supervisi.html)


  1. Jelaskan 10 peran dari manajer ?
Jawab : Peran manajer
Henry Mintzberg, seorang ahli riset ilmu manajemen, mengemukakan bahwa ada sepuluh peran yang dimainkan oleh manajer di tempat kerjanya. Ia kemudian mengelompokan kesepuluh peran itu ke dalam tiga kelompok. yang pertama adalah peran antar pribadi, yaitu melibatkan orang dan kewajiban lain, yang bersifat seremonial dan simbolis. Peran ini meliputi peran sebagai figur untuk anak buah, pemimpin, dan penghubung. Yang kedua adalah peran informasional, meliputi peran manajer sebagai pemantau dan penyebar informasi, serta peran sebagai juru bicara. Yang ketiga adalah peran pengambilan keputusan, meliputi peran sebagai seorang wirausahawan, pemecah masalah, pembagi sumber daya, dan perunding.
Mintzberg kemudian menyimpulkan bahwa secara garis besar, aktivitas yang dilakukan oleh manajer adalah berinteraksi dengan orang lain.
(http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen#Peran_manajer)

  1. Jelaskan tingkatan manajer dalam manajemen ?
Jawab :
TINGKATAN MANAJER
Piramida jumlah karyawan pada organisasi dengan struktur tradisional, berdasarkan tingkatannya.
Pada organisasi berstruktur tradisional, manajer sering dikelompokan menjadi manajer puncak, manajer tingkat menengah, dan manajer lini pertama (biasanya digambarkan dengan bentuk piramida, di mana jumlah karyawan lebih besar di bagian bawah daripada di puncak).
Manejemen lini pertama (first-line management), dikenal pula dengan istilah manajemen operasional, merupakan manajemen tingkatan paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi. Mereka sering disebut penyelia (supervisor), manajer shift, manajer area, manajer kantor, manajer departemen, atau mandor (foreman).
Manajemen tingkat menengah (middle management) mencakup semua manajemen yang berada di antara manajer lini pertama dan manajemen puncak dan bertugas sebagai penghubung antara keduanya. Jabatan yang termasuk manajer menengah di antaranya kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik, atau manajer divisi.
Manajemen puncak (top management), dikenal pula dengan istilah executive officer, bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh top manajemen adalah CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information Officer), dan CFO (Chief Financial Officer).
Meskipun demikian, tidak semua organisasi dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan menggunakan bentuk piramida tradisional ini. Misalnya pada organisasi yang lebih fleksibel dan sederhana, dengan pekerjaan yang dilakukan oleh tim karyawan yang selalu berubah, berpindah dari satu proyek ke proyek lainnya sesuai dengan dengan permintaan pekerjaan.
(http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen#Tingkatan_manajer)

  1. Coba jelaskan menurut saudara, efisiensi memberikan dampak positif dan keunggulan bagi suatu organisasi ?
Jawab :
            Manurut saya, efisiensi dalam suatu organisasi sama saja dengan efektif atau tidaknya suatu organisasi tersebut. Dimana dengan adanya tindakkan ataupun keputusan-keputusan yang efisien dalam suatu organisasi itu memberikan dampak yang positif berupa kenyamanan kerja, hasil kerja yang baik juga bagi organisai tersebut. Dan keunggulan yangterpenting yaitu organisasi akan lebih mudah maju dan berkembang pesat, diakibatkan kinerja yang efisien dalam suatu organisasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar